menu melayang

21 Maret 2020

Cara Membuat Kelas Digital Google Classroom

HANYA 1 MENIT MEMBUAT KELAS DIGITAL GOOGLE CLASSROOM

Google adalah perusahaan raksasa yang terkenal dengan mesin pencarinya (search engine). Terkenal dengan Youtubenya. Tidak ketinggalan dalam bidang pendidikan, Google mengembangkan Learning Management System (LMS). Dengan LMS ini, kita bisa membuat kelas digital, kelas maya, kelas virtual, atau kelas elektronik. LMS itu disebut Google Classroom atau Google Kelas.


Kelebihan Google Classroom atau Google Kelas adalah:

  1. Server andal, hingga akses cepat
  2. Tampilan antar muka (interface) sederhana, hingga mudah digunakan
  3. Terintegrasi dengan semua layanan Google, misal Google Drive, Youtube, Google Form, Google Doc, Google Sheet, Google Slide, Google Calendar dan lain-lain
  4. Dapat diakses melalui komputer dan gawai (HP, Smart phone, Android, iPhone)

Panduan Menggunakan Google Classroom

Berikut cara menggunakan Google Classroom untuk Belajar Online:

Membuat Kelas Pembelajaran

  1. Buka alamat : https://classroom.google.com dan login bersama dengan user dan password akun Google kalian atau akun Google Suite For Education berasal dari Institusi pendidikan/lembaga/sekolah.
  2. Untuk pemakaian berasal dari Smartphone, unduh dan gunakan aplikasi Google Classroom, lantas masuk menggunakan akun Google.
  3. Setelah masuk, klik ikon (+) di pojok kanan atas, kemudian pilih "create class".
  4. Setelah mencentang persetujuan, beri nama kelas (wajib), bagian, subyek/pelajaran hingga ruangan. Lalu tekan tombol "create". Sekarang, kelas online telah tersedia.

Agar lebih menarik, Google telah sediakan bermacam tema pada beranda yang sesuai bersama dengan style mata pelajarannya. Seperti tema olahraga, matematika, kesenian, atau bahasa dan sosial. Kita termasuk sanggup membuat tema sendiri bersama dengan cara mengunggah foto berasal dari galeri pribadi.

Mengundang Siswa/Peserta Pembelajaran

Setelah kelas tersedia, langkah selanjutnya adalah menginvite siswa/peserta pembelajaran. Ada dua cara yang dapat kita pilih:

1. Menggunakan kode kelas

Kode kelas terdapat di bawah judul/nama kelas, berbentuk paduan angka dan huruf. Kode kelas ini lantas kita berikan kepada peserta pembelajaran. Bisa lewat pesan WhatsApp atau dijadikan status/postingan di fasilitas sosial.

Peserta yang menerima kode kelas lantas memasukkan kode berikut pada dashboard Google Classroom supaya tergabung bersama dengan kelas. Cara ini efektif digunakan jikalau pengajar tidak sadar alamat email peserta pembelajaran.

2. Mengirim Undangan lewat Email

Cara ke dua supaya peserta sanggup tergabung di kelas adalah bersama dengan mengirim undangan lewat email. Untuk itu, pengajar kudu sadar alamat email tiap-tiap peserta pembelajaran.

Silahkan klik halaman "People/Anggota" di anggota atas dashboard. Setelah itu muncul jendela memuat dua opsi: Kita mengakibatkan orang lain sebagai "Teachers/Guru" atau sebagai "Students/Siswa".

Untuk sanggup mengakibatkan banyak orang sekaligus, masukkan alamat email tiap-tiap dan pisahkan bersama dengan tanda koma (,) tanpa spasi. Klik tombol "Invite".

Menggunakan area Kelas
Ruang kelas Google Classroom terdiri berasal dari 4 bagian: Stream (Forum), Classwork (Tugas Kelas), People (Anggota), dan Grades (Nilai).

Forum/Stream adalah halaman kesibukan yang menampilkan Pengumuman, Pertanyaan (diskusi), Materi (Bahan Pengajaran) dan Tugas yang diberikan guru. Di halaman ini, guru dan siswa sanggup segera saling berinteraksi.

Sayangnya, karena ini terintegrasi bersama dengan email, setiap interaksi (meskipun cuma komentar) mendapat notifikasi email. Jadi, semakin banyak yang komentar kita termasuk banyak menerima email pemberitahuan.

Classwork (Tugas Kelas) adalah halaman yang digunakan untuk membuat tugas atau membuat materi pengajaran. Sedangkan Grades/Nilai adalah halaman untuk menyesuaikan penilaian berasal dari setiap tugas yang diberikan.

Cara Membuat Tugas Kelas di Google Classroom

Berikut cara membuat tugas kelas di Google Classroom:
  1. Buka halaman Classworks/Tugas Kelas, lantas klik "create/buat".
  2. Pilih style tugas/materi
  3. Isi judul dan deskripsinya. Bila tersedia tambahan file, silahkan klik "Tambahkan/Add" atau bikin sendiri tambahan file-nya.
  4. Di sisi kanan, menentukan penerima tugas/materi yang diberikan, nilai hingga batas sementara pengumpulan tugasnya
  5. Jika kita menentukan materi, tidak tersedia kolom nilai dan batas waktu, cuma tersedia pilihan menu penerima materi dan topik.
  6. Setelah selesai, klik tombol "Posting/Assign" di pojok kanan atas. Kita termasuk sanggup menjadwalkan atau menyimpan tugas itu sebagai draft.

Cara Menggunakan Google Classroom sebagai siswa/peserta

  1. Jika kita diundang lewat email, segera saja klik "Gabung/Join". Setelah itu, kita bakal diarahkan ke dashboard Google Classroom.
  2. Kita termasuk sanggup menggunakan kode kelas yang diberikan guru. Caranya, membuka alamat : https://classroom.google.com dan login bersama dengan user dan password akun Google pribadi
  3. Klik ikon (+) di pojok kanan atas, lantas menentukan "Gabung Kelas/Join Class", lantas masukkan kode kelasnya.

Menyelesaikan Tugas Kelas

  1. Apabila guru berikan materi atau tugas, ini bakal muncul di halaman forum. Silahkan klik tautannya, kita bakal diarahkan ke halaman Tugas Kelas/Classwork. Setiap tambahan file bakal diintegrasikan bersama dengan Google Docs atau Google Spreadsheet supaya kita sanggup mengeditnya secara langsung.
  2. Jika tugasnya telah selesai kita kerjakan, kita sanggup menyerahkan bersama dengan mengklik tombol "Serahkan/Assign".

Kesimpulan

Dilihat berasal dari sisi metode atau praktek belajar mengajarnya, Google Classroom lebih baik dan lebih metodis berasal dari lebih dari satu aplikasi pembelajaran lainnya. Aplikasi ini adalah ruang kelas non-fisik. Semua yang berlangsung di ruang kelas sesungguhnya sanggup berlangsung termasuk di Google Classroom.

Karena ini ruang kelas dunia maya, guru sanggup menyematkan bermacam lampiran di "papan tulis". Jika tersedia materi pelajaran berbentuk foto atau video, siswa sanggup melihatnya secara segera di "papan tulis" tersebut.

Di halaman forum/stream, guru sanggup memindahkan materi atau tugas yang tergulir oleh komentar siswa ke anggota atas sendiri. Caranya, klik ikon menu (titik tiga), lantas menentukan "pindahkan ke atas". Dengan demikian, siswa tidak bakal ketinggalan materi pelajaran/tugasnya.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan dan petunjuk menggunakan Google Classroom sebagai fasilitas pembelajaran online. Selamat Mengajar, Semangat Belajar 

Blog Post

Related Post

Cari Artikel